Biografi Christina Aguilera

Terlahir dengan nama lengkap Christina Maria Aguilera lahir pada tanggal 18 Desember 1980 di Pulau Staten, New York, Amerika Serikat, Gaya busananya banyak ditiru sebagian artis lain dan muda-mudi di beberapa negara. Banyak kalangan membandingkan suaranya dengan penyanyi ternama Mariah Carey dan Whitney Houston. Ia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika yang terkenal kemampuan vokal dan gaya busananya yang eksentrik atau seksi.

Christina Aguilera, seorang penyanyi yang memiliki jenis suara sprinto soprano dikenal memiliki vokal dengan jenis chestvoice yang kuat dan sering disebut sebagai penyanyi berkualitas. Pada acara MTV special "All Eyes on Christina", John Norris berkata bahwa Christina memiliki range vokal 4 oktaf. Christina juga memiliki kemampuan untuk bernyanyi dengan whistle register seperti yang dimiliki pendahulunya, Mariah Carey. Namun, Christina tidak menggunakan teknik vokal itu dan lebih memilih untuk bernyanyi dengan suara mid-oktaf yang kuat.

Kunjungan pertamanya di Cina pada Juni 2007 untuk sebuah konser di Shanghai Grand Stage disambut antusiasme penonton. Ketatnya sensor membuat dirinya termasuk daftar penyanyi internasional yang diperbolehkan masuk di China. Femomena Aguilera pun menimbulkan spekulasi otoritas China mulai mgendurkan kebijakan sensor.


Debut album perdananya yaitu Christina Aguilera (1999) dan Back to Basics (2006) turut menduduki urutan pertama di daftar 200 album terlaris versi Billboard Music Chart dengan angka penjualan masing-masing lebih dari 250.000 keping dan 346.000 keping dalam kurun waktu 1 minggu sejak album tersebut dirilis ke pasaran Amerika. Album kedua Christina, Stripped (2002) menduduki peringkat kedua dengan angka penjualan lebih dari 330.000 keping, sedangkan album natal pertamanya yaitu My Kind of Christmas (2000) hanya berhasil menduduki posisi 28. Mi Reflejo yang diluncurkan pada tahun 2000 juga berhasil berada di posisi puncak penjualan album terlaris versi Billboard Latin Album.

Selama perjalanan kariernya, Christina Agulera telah mendapatkan 18 kali nominasi, baik Grammy Awards maupun Latin Grammy Awards. Christina memperoleh 4 Grammy Awards untuk kategori Best New Artist (2000), Best Female Pop Vocal Performance (Beautiful - 2004 dan Ain't No Other Man - 2007) dan Best Pop Collaboration with Vocals bersama P!nk, Li'l Kim dan Mya untuk single Lady Marmalade pada tahun 2002. Pada ajang Latin Grammy Award, Christina juga berhasil memperoleh penghargaan untuk kategori Best Female Pop Vocal Album (2001) untuk debut album berbahasa latin pertamanya yaitu Mi Reflejo.

Pada tahun 2008 ini, Christina Aguilera merilis album terbaiknya berjudul Keeps Gettin' Better - A Decade of Hits. Album tersebut telah dirilis 11 November 2008 lalu. Album tersebut berisi beberapa single terbaiknya, mulai dari debut album Christina Aguilera (1999), Stripped (2002) dan Back to Basics (2006). Keeps Gettin' Better menjadi single pertama yang dirilis dari kompilasi album terbaiknya ini. Selain itu, Christina Aguilera juga merekam lagu baru lainnya berjudul Dynamite yang akan menjadi single kedua dari kantung album Keeps Gettin' Better - A Decade of Hits. Christina Aguilera juga merekam ulang 2 lagu terdahulunya yaitu Genie In A Bottle dan Beautiful dengan aransemen musik baru.

Sampai dengan saat ini, Christina Aguilera telah menjual albumnya lebih dari 42 juta keping di seluruh dunia. Tahun 2008 lalu, nama Christina Aguilera diumumkan akan diabadikan di Hollywood Walk of Fame Los Angeles, AS disejajarkan dengan sejumlah public figure lainnya. Aguilera menikah dengan seorang eksekutif rekaman, Jordan Bratman pada 19 November 2005. Putra pertama mereka, Max Liron Bratman, lahir pada tanggal 12 Januari 2008.


Christina memiliki empat single yang mencapai nomor satu di daftar Billboard Hot 100, antara lain Genie In A Bottle (1999), What A Girl Wants dan Come On Over Baby (All I Want Is You) (2000) serta Lady Marmalade (2001). Selain menempatkan 4 single di posisi puncak, Christina Aguilera juga menempatkan beberapa singlenya di posisi top ten, antara lain I Turn To You (2000), Beautiful dan Ain't No Other Man (2006) serta Keeps Gettin' Better (2008).

Biografi / Profil Christina Aguilera
Nama : Christina Aguilera
Tempat Lahir : Pulau Staten, New York, Amerika Serikat ,18 Desember 1980
Perkerjaan : Penyanyi, Penulis Lagu

Album
Christina Aguilera (1999)
Mi Reflejo (2000)
My Kind of Christmas (2000)
Just Be Free (2001)
Stripped (2002)
Back to Basics (2006)

Single Christina Aguilera
Reflection
Genie In A Bottle
Genio Atrapado
What A Girl Wants
I Turn To You
Por Siempre Tu
Come On Over Baby (All I Want Is You)
Nobody Wants To Be Lonely
What's Going On (tergabung dalam All Star Tribute)
El Ultimo Audios (bersama-sama dengan beberapa penyanyi latin)
Lady Marmalade (bersama Pink, Li'l Kim dan Mya) - OST. Moulin Rouge
Pero Me Acuerdo De Ti
Falsas Esperanzas
Christmas Times
The Christmas Song (Chestnust Roasting On An Open Fire)
Dirrty (bersama Red Man)
Beautiful
Fighter
Can't Hold Us Down (bersama Li'l Kim)
The Voice Within
Car Wash (bersama Missy Elliot) - OST. Shark Tales
Til't Ya Head Back (bersama Nelly)
A Song For You (bersama Herbie Handcock)
Somos Novios (bersama Andrea Bocelli) dalam album Amore
Ain't No Other Man
Hurt
Tell Me (bersama dengan Diddy dari album Press Play)
Candyman
Slow Down Baby
Oh Mother
Save Me From Myself
Keeps Gettin' Better

Filmografi Christina Aguilera
Mickey Mouse Club (1993 - 1995)
Beverly Hills 90210 (1999)
Saturday Night Live (2000)
Saturday Night Live (2003)
Shark Tale — Penyanyi (2004)
Saturday Night Live (2004)
Saturday Night Live (2006)
Shine a Light (208)

Referensi :

- http://id.wikipedia.org/wiki/Christina_Aguilera
------------------------------------------------------------------------------------------------------------Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagikan posting ini
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© copasbox
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top