Biografi Jack St. Clair Kilby - Penemu Mikrochip

mikrochip, Jack St. Clair Kilby, penemu, biografiJack St. Clair Kilby lahir pada tahun 1924, dan tumbuh di Great Band, Kansas, Amerika Serikat. Kilby memperoleh gelar BS pada teknik elektro dari University of Illinois dan gelar MS dari University of Wisconsin pada bidang yang sama. Kilby memulai karirnya pada tahun 1947 dengan bekerja pada Centralab Division of Globe Union Inc. Di Milwaukee, dengan mengembangkan ceramic-base, silk-screen circuits untuk produk-produk elektronik rumah tangga.

Pada tahun 1958, Kilby bergabung dengan Texas Instrument (TI) di Dallas. Selama musim panas pada tahun itu ketika teman-teman sekerjanya menikmati liburan musim panas, dengan peralatan pinjaman dan seadanya, Kilby menyusun dan membuat rangkaian elektronik pertama yang semua komponen komponenya aktif dan pasif difabrikasi pada sebuah lempeng tunggal material semikonduktor seukuran setengah penjepit kertas.

Keberhasilan demonstrasi microchip sederhana skala laboratorium yang pertama kali pada 12 September 1958 tersebut menggoreskan sejarah bagi dunia elektronika. Jack Kilby kemudian juga menjadi perintis bagi berbagai penemuan lainnya dalam bidang militer, industri dan aplikasi komersil yang berbasiskan teknologi microchip. Kalkulator dan thermal printer juga merupakan penemuannya sebagai co-in-ventor.

mikrochip, Jack St. Clair Kilby, penemu, biografi
Pada tahun 1970, Kilby cuti dari TI sebelum resmi pensiun pada tahun 1983. Antara tahun 1978 sampai 1984, Kilby menjabat sebagai Distinguished Professors of Electrical Engineering pada Texas A&M University. Jack Kilby merupakan penerima dua penghargaan yang paling prestisius dalam bidang ilmu pengetahuan dan engineering. Pada tahun 1970, dalam suatu upacara di Gedung Putih, Kilby menerima National Medal of Science.

mikrochip, Jack St. Clair Kilby, penemu, biografi
Kini, dalam ukuran yang sama memungkinkan terdapat 100 juta transistor. Dari sirkuit sederhana pertama tersebut telah berkembang pasar microchip dengan penjualan total 179 miliar dolar AS di seluruh dunia pada tahun 2004, yang mendukung penjualan peralatan elektronik di seluruh dunia senilai 1,186 miliar dolar AS. Jack St. Clair Kilby meninggal pada tanggal 20 Juni 2005 yang lalu di Dallas dalam usia 81 tahun karena penyakit kanker. Namun Kilby akan tetap dikenang. Ia telah membuktikan, betapa kekuatan suatu gagasan telah mampu mengubah dunia.

Referensi :

- http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8685294
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagikan posting ini
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© copasbox
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top