Biografi Bartolomeo Cristofori - Penemu Piano

penemu piano, cristofori, biografiBartolomeo Cristofori lahir di Italia pada tanggal 4 mei 1655. Kehidupan masa kecilnya tidak banyak diketahui. Orang menyebut Cristofori sebagai orang pertama yang menemukan piano. Sebuah sumber hanya mengatakan bahwa Cristofori menimba ilmu dengan cara "mengabdi" pada Nikolo Amati, seorang pembuat biola terkenal pada waktu itu. Saat berusia 33 tahun atau tepatnya pada tahun 1688, Cristofori direkrut oleh Prince Ferdinando de Medici. Ferdinando adlah seorang pecinta musik yang merupakan pewaris Cosimo III, satu dari Grand Dukes of Tuscany.

Saat itu Tuscany merupakan kerajaan otonom kecl di Italia. Cristofori bekerja dengan ulet dan rajin sehingga membuat Ferdinando kagum dan senang kepadanya dan memberikan bayaran yang lebih tinggi dari yang semula disepakati. Pada tahun 1700, untuk pertama kalinya Cristofori membuat alat musik yang kemudia dikenal dengan nama piano. Alat musik temuan Cristofori ini memiliki suara 4 oktaf. Seorang jurnalis bernama Scipione Maffei menggambarkan alat musik itu sebagai gravecembalo col piano e forte, yang berarti harpsichord dengan papan tuts lembut yang bersuara keras. Semula alat musik ini disebut sebagai pianoforte, namun pada akhirnya lebih dikenal dengan nama piano.

penemu piano, cristofori, biografi
Piano adalah salah satu alat musik klasik yang sangat digemari masyarakat. Suaranya yang khas membuat sang pianis (sebutan untuk orang yang bermain piano) dapat mengekpresikan perasaannya melalui piano. Piano dimainkan dengan jari, sehingga bermain piano mirip seperti mengetikkan jemari pada tuts piano. Bermain piano sangatlah mengasikkan sehingga bisa dijadikan profesi untuk mereka yang sangat mahir dalam bermain piano.

Sebut saja pianis - pianis dunia yang mencari uang dengan menjual karya mereka dalam memainkan piano. Dengan karakteristik suara yang lengkap - dari nada rendah sampai nada tinggi - piano dapat memainkan seribu satu 'bunyi' yang dapat membuat telinga pendengarnya merasa seperti mendegar bunyi yang sesungguhnya.Tak hanya itu, piano juga dikatakan sebagai alat musik yang romantis, karena kepiawaian pianis dalam memainkan nada dapat membuat suasana romantis.

penemu piano, cristofori, biografi
Cristofori meninggal pada 27 Januari 1731 atau pada usia 76 tahun. Saat ini setidaknya masih ada 3 piano karya Cristofori yang masih bertahan dan disimpan di berbagai museum. Satu terdapat di Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat (buatan tahun 1720), satu di Museo Strumenti Musicali, Roma, Italia (buatan tahun 1722), dan satunya lagi di Musikinstrumen-Meseum of Leipzig University, Jerman (buatan tahun 1726).

Referensi :

- http://infoinfo-menarik.blogspot.com/2011/03/orang-di-balik-penemuan-piano.html
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagikan posting ini
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© copasbox
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top